• Teori

    Hasil gambar untuk teori use and gratification

    Untuk surat kabar dan majalah, topik ini berkaitan dengan Use and Gratifications Theory. Teori ini beranggapan bahwa khalayak secara aktif memilih sendiri media yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mereka miliki (West & Turner, 2008). Hal ini berkaitan dengan artikel Media Komersial yang ada dalam blog ini dimana disana terdapat kelebihan dari media cetak sebagai media komersial. Di dalam kelebihan tersebut terdapat comparison shopping yang merupakan media cetak dijadikan sebagai acuan konsumen dalam membeli barang atau jasa. Disini terlihat bahwa khalayak secara tidak langsung memilih sendiri media yang ia ingin gunakan untuk melihat review dari barang yang akan mereka beli. Dalam hal ini khalayak akan memilih media cetak (surat kabar dan majalah) sebagai bahan referensi mereka. Untuk itu majalah dan koran berkaitan dengan Use and Gratification Theory.
    Selain terkait dengan Use and Gratification Theory, topik ini juga berkaitan dengan Hypodermic Needle Model. Dimana teori ini juga disebut sebagai Teori Jarum Suntik. Teori ini beranggapan bahwa komunikator (dalam hal ini media massa) mempunyai efek yang besar terhadap komunikan dan penyampaian pesan hanya satu arah (Wardhana, n.d). Dilihat dari hal tersebut, media cetak (surat kabar dan majalah) memang menyampaikan pesan secara satu arah dan media cetak dapat memberikan efek yang besar terhadap pembaca dengan cara memberikan artikel-artikel yang akan membangun opini publik, sehingga hal tersebut dapat memberikan efek yang besar terhadap pembaca. Maka selain publik dapat memilih sendiri media yang akan mereka pakai untuk memenuhi kebutuhan mereka, publik juga mendapatkan pengaruh yang besar dari adanya media cetak ini.
    Sumber:
                Wardhana, W. (n.d). Teori dan model komunikasi massa teori jarum hipodermik (hypodermic needle model). Academia.edu. http://www.academia.edu/7344437/Teori_dan_Model_Komunikasi_Massa_Teori_Jarum_Hipodermik_Hypodermic_Needle_Model
    West, R. & Turner, L.H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar