Untuk
surat kabar dan majalah, topik ini berkaitan dengan Use and Gratifications Theory. Teori ini beranggapan bahwa khalayak
secara aktif memilih sendiri media yang akan mereka gunakan untuk memenuhi
kebutuhan yang mereka miliki (West & Turner, 2008). Hal ini berkaitan
dengan artikel Media Komersial yang ada dalam blog ini dimana disana terdapat kelebihan dari media cetak sebagai
media komersial. Di dalam kelebihan tersebut terdapat comparison shopping yang merupakan media cetak dijadikan sebagai
acuan konsumen dalam membeli barang atau jasa. Disini terlihat bahwa khalayak
secara tidak langsung memilih sendiri media yang ia ingin gunakan untuk melihat
review dari barang yang akan mereka
beli. Dalam hal ini khalayak akan memilih media cetak (surat kabar dan majalah)
sebagai bahan referensi mereka. Untuk itu majalah dan koran berkaitan dengan Use and Gratification Theory.
Selain
terkait dengan Use and Gratification
Theory, topik ini juga berkaitan dengan Hypodermic
Needle Model. Dimana teori ini juga disebut sebagai Teori Jarum Suntik.
Teori ini beranggapan bahwa komunikator (dalam hal ini media massa) mempunyai
efek yang besar terhadap komunikan dan penyampaian pesan hanya satu arah
(Wardhana, n.d). Dilihat dari hal tersebut, media cetak (surat kabar dan
majalah) memang menyampaikan pesan secara satu arah dan media cetak dapat
memberikan efek yang besar terhadap pembaca dengan cara memberikan
artikel-artikel yang akan membangun opini publik, sehingga hal tersebut dapat
memberikan efek yang besar terhadap pembaca. Maka
selain publik dapat memilih sendiri media yang akan mereka pakai untuk memenuhi
kebutuhan mereka, publik juga mendapatkan pengaruh yang besar dari adanya media
cetak ini.
Sumber:
Wardhana,
W. (n.d). Teori dan model komunikasi massa teori jarum hipodermik (hypodermic
needle model). Academia.edu. http://www.academia.edu/7344437/Teori_dan_Model_Komunikasi_Massa_Teori_Jarum_Hipodermik_Hypodermic_Needle_Model
West, R. & Turner, L.H.
(2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis
dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
0 komentar:
Posting Komentar