• Media Komersial



     
    http://www.lectios.com/wp-content/uploads/2016/02/Advertising-Lectios.jpgSurat kabar dan majalah merupakan salah satu media cetak yang digunakan untuk periklanan. Media iklan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: media lini atas dan media lini bawah. Media lini atas (above the line) merupakan media utama yang digunakan sebagai media periklanan, contohnya: majalah, surat kabar, televisi, radio, dll. Sedangkan media lini bawah (below the line) merupakan media pendukung dalam kegiatan periklanan, contohnya: pamflet, brosur, poster, dll. Jadi dalam blog ini akan membahas surat kabar dan majalah sebagai media lini atas.

    Di dalam surat kabar dan majalah pasti tidak asing lagi kita melihat adanya iklan-iklan. Di dalam surat kabar, iklan yang ditampilkan cenderung dalam bentuk poster, sedangkan di dalam majalah, iklan yang ditampilkan cenderung dalam bentuk display yang digunakan oleh model di dalam majalah tersebut. Iklan di dalam majalah cenderung mempromosikan toko dari baju-baju yang dipakai oleh model, namun tak jarang juga di dalam suatu majalah terdapat iklan dari suatu produk dalam bentuk poster. 
     
    Kelebihan dari surat kabar dan majalah yang dijadikan sebagai media komersial salah satunya adalah comparison shooping. Comparison shooping merupakan media cetak digunakan sebagai bahan acuan konsumen dalam membeli barang atau jasa. Dengan melihat iklan-iklan yang ada di media cetak tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut. Terlebih di dalam majalah sudah tersedia review yang dapat dijadikan sembagai patokan konsumen. 
    Dibalik kelebihan yang ada, terdapat kekurangan terhadap media cetak yang digunakan untuk media komersial. Kekurangannya adalah short life span, yang merupakan pembaca dari media cetak hanya menggunakan waktu kurang lebih 15 sampai 30 menit untuk membaca pesan tersebut dan usia informasinya hanya 24 jam. Karena hal tersebut, persuasi yang diberikan oleh media cetak kurang maksimal, karena hanya dianggap sekilas saja oleh pembaca. (Jurnalis, n.d.)
    Sumber:
    Jurnalis, A. (n.d.). Media periklanan media cetak sebagai media iklan. Academia.edu. Diambil dari: http://www.academia.edu/3817830/MEDIA_PERIKLANANMedia_Cetak_Sebagai_Media_Iklan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar